Kamis, 05 Januari 2012

Cara Memajukan Koperasi dari aspek SDM


  • Dari segi Sumber Daya Manusia (SDM)
Merekrut  anggota yg berkompeten
Pertama rekrut anggota yang berkompeten dalam bidangnya. Tidak hanya orang yang sekedar mau menjadi anggota melainkan orang-orang yang memiliki kemampuan dalam pengelolaan dan pengembangan koperasi. Contohnya dengan mencari pemimpin yang dapat memimpin dengan baik, kemudian pengelolaan dipegang oleh orang yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing. Serta perlu dibuat pelatihan bagi pengurus koperasi yang belum berpengalaman.
Dari segi keanggotaan
Harus ada cara-cara pasti untuk memajukan potensi koperasi-koperasi di semua negara, lepas dari tingkat perkembangannya, supaya dapatmembantu mereka dan keanggotaan mereka untuk:
(a) menciptakan dan mengembangkan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan pendapatan dan lapangan pekerjaan layak dan pantas yang berkesinambungan.
(b) mengembangkan kapasitas -kapasitas sumber daya manusia danpengetahuan dari nilai-nilai, keunggulan-keunggulan dan kemanfaatankemanfaatan gerakan koperasi melalui pendidikan dan pelatihan.
(c) mengembangkan potensi usaha mereka, termasuk kapasitaskewirausahaan dan manajerial.
(d) memperkuat daya saing mereka  dan juga memperoleh akses padapasar-pasar dan pembiayaan kelembagaan.
(e) meningkatkan simpanan-simpanan dan investasi
(f) memperbaiki kesejahteraan sosial dan ekonomi, dengan memperha tikan kebutuhan untuk menghapus semua bentuk diskriminasi.
(g) Menyumbang terhadap pembangunan manusia yang berkesinambungan.
.(h) membangun dan memperluas sektor dari ekonomi yang sifatnya nyata berbeda yang mempunyai kemampuan hidup (viable)  dan ekonomis, yang  meliputi koperasi-koperasi, yang tanggap terhadap kebutuhankebutuhan sosial dan ekonomi dari komunitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar