Minggu, 24 Maret 2013

Dampak Efek Rumah Kaca Terhadap Iklim Global

  Melihat zaman yang semakin modern dengan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini, ternyata mempunyai dampak yang buruk. Bumi kita semakin panas dengan adanya gedung-gedung tinggi dan rumah berkaca. Dampak itulah yang membuat munculnya efek rumah kaca, yaitu merupakan proses pemanasan suatu benda langit (terutama planet atau satelit) yang disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya.

  Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak, batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya. Meningkatnya suhu permukaan bumi mengakibatkan adanya perubahan iklim yang sangat ekstrem di bumi. Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya,sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer. Pemanasan global menyebabkan mencairnya gunung-gunung es di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut sehingga negara kepulauan akan mendapatkan pengaruh yang sangat besar.
 
  Oleh karena itu,kita sebagai makhluk hidup yang mempunyai akal dan pikiran supaya menjaga bumi yang kita pijak. Mengurangi gedung-gedung dan rumah yang berkaca,membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghijauan dan tidak menebang hutan. Dengan begitu bumi tidak akan terjadi pemanasan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar