Senin, 25 Maret 2013

Kriminalitas di Lingkup Ibu Kota

  Kriminalitas atau tindak kriminal segala sesuatu yang melanggar hukum atau sebuah tindak kejahatan. Maraknya kriminalitas yang terjadi setiap harinya di Jakarta sangat membuat cemas masyarakat. Banyak contoh kasus kriminalitas yang terjadi sub kategori diantaranya, yaitu :

  1. Kekerasan pada anak 
  2. Mafia
  3. Penyelundupan
  4. Perampokan
  5. Pembunuhan
  6. Pelecehan seksual
  7. Penculikan
  8. Penipuan
  9. Terorisme 
  10. Vandalisme
    Faktor-faktor penyebab tindakan kriminal adalah faktor endogen dan eksogen. Faktor endogen adalah dorongan yang terjadi dari dirinya sendiri, kebenaran itu relatif bisa menciptakan suatu sikap untuk mempertahankan pendapatnya-diri-atau egosentris dan fanatis yang berlebihan. Sementara faktor eksogen adalah faktor yang tercipta dari luar dirinya, faktor inilah yang bisa dikatakan cukup kompleks dan bervariasi.

  Tindak kriminalitas tersebut meningkat setiap harinya dengan cara yang berbeda-beda. Bahkan kita sendiri pernah mengalaminya dari salah satu sub kategori di atas. Sampai saat ini sulit untuk menghilangkan tindak kriminalitas tersebut, entah manusia itu sendiri atau aparat negara yang kurang tegas dalam menghadapi masalah kriminalitas. Sebuah tindak kriminalitas dapat dicegah dengan lebih berwaspada terhadap orang-orang dan lingkungan di sekitar kita. Hindari bepergian sendiri di malam hari dan daerah yang rawan akan tindak kriminalitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar